[JOI Spotlight] Back to JP Edition

April 2, 2023 20:07
[JOI Spotlight] Back to JP Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pasca satu April. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri yang sudah tamat dan baru mulai di minggu ini.

In/Spectre S2 12 (End)

Kaptain

Ngeliat pilihan kasusnya, ini emang “Istri kebunuh” jadi tema nih musim ya. Lagipula ini juga secara teknis bukan kasus ngeliat Kotoko cuma ngasih pesan aja dari si istri. “Hidup situ bakal menderita, kthxbye”.

Memang kritik season pertama di mana mayoritas cerita itu via Kotoko duduk manis di ruang tertutup dicerna banget sama staf. Makanya sekarang lokasi buat duduk dan berdiri manisnya dibanyakin. Begitu juga penggunaan perspektif manusia biasa yang harus ngadepin Kotoko.

Lucu aja sih popularitas lokal nih seri baru naik gegara masalah kontrol kualitas. Ini tipe kesalahan yang bikin yang bersangkutan ga bisa dapet kerja di industri.

Kaczmarek

Daripada dipenjara, saya juga lebih puas si Kajio bebas namun dalam gangguan mantan istrinya.

Tomo-chan wa Onnanoko 13 (End)

BlueHeaven

Kirain kemarin episode terakhir, ternyata masih ada satu lagi. Habisnya kemarin udah cocok banget jadi ending. Mungkin karena masih ada setengah episode fokus ke Misuzu, jadi perlu satu episode yang fokus ke baka couple ini.

Pendapat saya masih sama. Classic ending for romcom. It’s been an enjoyable ride.

Benriya Saitou-san 12 (End)

Kaczmarek

Naruh momen Lafanpan jadi human sized di bagian akhir ini adalah perbuatan kriminal. Raelza udah cukup titillating sejak awal, ditambah Lafanpan yang saya demen kalo ukurannya human sized.

BlueHeaven

Sudah kodratnya Morlock jadi karakter lawak sampai akhir. Ga ada habisnya emang tingkah laku kakek satu ini. Kembali ke format aslinya, episode yang bagus untuk mengakhiri 1 cour adaptation.

Spy Kyoushitsu 12 (End)

Frame paling aman yang ada Thea-nya

Kaczmarek

Jujur masih penasaran apa yang Olivia dapetin pasca kasus itu. Sekarang pindah lagi ke korporasi. Thea sama Monika masuk spotlight di kasus ini walau trigger awalnya dari seorang Grete. Digantungin banget di akhir demi ngasih teaser. Tenang ini masih ada lanjutannya kok, tunggu aja info terbarunya. Paling enggak tempo cerita adaptasinya mulai melambat gak kayak tiga episode awal yang missing banyak konteks penting. Poor Lily tho, she is still mysterious under that situation.

BlueHeaven

Apa yang kita dapat dari episode ini? Nothing. Cuma episode filler yang dijadiin last episode, terus dikasih teaser gantung di akhir yang kurang banget buat dikatakan jadi cerita. Masalahnya udah ga ada episode berikutnya dan kepastian sekuel belum dapat. Jadi kalau ini bener-bener last ya prematur jadinya.

Klimaks arc mana musume juga downfall banget, jadi hampir ga ada momen wah di anime ini kecuali munculnya member ke-8 tomoshibi di episode 3. Mission impossible? Cuma kata-kata pemanis yang ga ada artinya sama kayak 8 karakter yang dijadiin waifu bait.

Mononogatari 12 (To be continued)

Kaczmarek

Kai ngasih clue yang berbahaya disini kepada Hyouma, tapi gak yakin ini adalah info akurat. Botan pun masih gatau peristiwa itu, sementara tsukumogami Nagatsuki justru masih nutup info ini rapat-rapat. Kalo Hyouma orangnya bersikeras, ini informasi krusial bisa nutup cerita lebih cepat. Namun sayang implikasi cerita jadi series jadi alasan dumb move Hyouma kepake demi manjangin cerita. Masih berlanjut di tahun ini adaptasinya!

Tensura: Guren no Kizuna Hen

Kaczmarek

Pembaca novel dan manga-nya pasti terheran-heran, ini sumber materialnya darimana? Bisa ditebak sendiri kalo ada proyek movie di tengah adaptasi canon, pasti ada selipan skenario untuk memperlebar dunia. Film ini juga digunakan untuk tujuan itu. Skenario orisinal di bawah Raja ini juga menampilin karakter orisinal: Hiiro, Towa dan Lacua. Mengecualikan Violet atau Ultima yang sebenernya baru debut di volume 11 novelnya.

Pasca menonton ini, saya menyadari perbedaan pengarahan dari sutradara Yasuhito Kikuchi (movie dan season 1) dengan Atsushi Nakayama (season 2 cour 1 dan 2). Nakayama punya tendensi untuk nge-dragging cerita agar terkesan lambat dan non dominasi adegan aksi, sementara Kikuchi bertendensi untuk membuat battle lebih epic dengan pengarahannya daripada di elemen storytelling dialog. Kikuchi juga menggunakan cara yang dia pake di Mahouka: Rettousei-hen (jangan ingetin saya dia pernah ngurusin Inifinite Stratos).

Jujur lebih nyaman apa yang Kikuchi arahin daripada Nakayama. Tapi ini karena infodump di musim pertama gak sebanyak musim kedua. Untuk proyek selanjutnya berharap keduanya bisa kombinasi bareng kayak musim pertama. Karena kalo secara canon, kita bakal disajiin battle + rapat terbaik melawan Hinata Sakaguchi.

Saikyou Onmyouji 13 (End)

Kaczmarek

Overwhelming. Ini penutup yang cukup bikin saya berdiri di ujung jurang tanpa memandang apa-apa. Seika secara garis besar emang bakal jadi Demon Lord di masa depan, tapi perannya Fiona untuk ngejaga status quo itu yang masih misterius. Siapa juga itu di bayangannya, seorang demon juga kah? Meski saya gak berharap ada musim kedua, tapi ngasih open ending di tengah arc gini justru bikin penasaran baca sumber orisinalnya. Iya, ini cuman cover 3 volume novelnya.

BlueHeaven

Kan.. epilog yang menohok tapi masih mending mengingat banyak anime semusimnya yang gagal ngasih ending yang worth it. Seika just being Seika. Kadang no mercy, eh bentar lagi jadi karakter naif lagi.

Selamat tinggal sekolah. Hampir ga ada gunanya selain mempertemukan Seika dengan Amu. Sisanya ya malah kebanyakan event terjadi di luar sekolah. Kinda sad for Fiona. Karakternya punya latar belakang kuat tapi ga bisa masuk circlenya Seika.

Jigoraku 01

What’s this?

Copium Ayashimon dikapak

Kaptain

Saya cuma baca seri terbarunya Yuji Kaku dan belum sempat mulai Jigoraku. Cuma jelas ini pembuka yang lebih kompeten ngeliat hook dan pathos buat si protag langsung dikasihin. Emang khas banget ini seri Mappa punya opening yang spektakuler tapi ED yang gitu doang. Berharap aja ini bisa jadi adaptasi penuh ngeliat sumber materinya dah tamat, ngeliat dari yang saya denger pas nyampe pulau cerita bisa dikebut.

Tengoku Daimakyou 01

What’s this?

Kaptain

Adaptasi manga dengan kualitas produksi khas IG. Kurang lebih cerita paralel antara kehidupan sekolah dan post-apocalyspe travel dengan mutan. Hook tentu aja dari kedua perspektif yang punya karakter yang sama rupanya, jadi ga jelas ini variabel twist-nya tuh di klnong atau timeline berbeda. Menarik juga ini 150 halaman bisa dijejalin ke satu episode.

Eiyuuou 12 (End)

BlueHeaven

Berakhir sudah cerita si gila makan dan tarung, Eucus Inglis. Terlepas dari banyaknya kekurangan di anime ini, saya masih bisa menahan karena ceritanya masih ada unsur komedi. Atau mungkin ada banyak anime yang lebih hancur dari ini di musim yang sama, jadi masih okelah dengan adaptasi seperti ini. Bagi Inglis: Food, battle, people; in that order. Rafinha ga masuk list karena bisa mandiri.

Koori Zokusei Danshi to Cool na Douryou Joshi 12 (End)

BlueHeaven

Fair enough menyelesaikan suatu cerita dari starting season ke season yang sama di ending. Anime ini punya adaptasi yang solid, hanya saja romance beginian terlalu banyak dalam satu musim. Ada Tenshi-sama dan Kubo jadi anime ini menjadi pilihan secondary untuk saya. Still a good adaptation, for sure.

ONIMAI 12 (End)

BlueHeaven

Sama seperti seri di atas, saya baru namatin ONIMAI di minggu ini. It’s been a fun ride. Episode akhir memperlihatkan dilema Mahiro untuk tetap menjadi perempuan atau kembali seperti semula. Masalahnya, timing di ceritanya itu ga pas buat percabangan. Ya, pasti berat ke satu pilihan.

Overall, komedi dalam animenya cukup menghibur. Masih banyak materi yang bisa digali, apalagi sekolah masih lama dan banyak karakter yang bisa dieksplor.

Shin Shinka no Mi 12 (End)

BlueHeaven

Selesai juga ini anime koplok satu ini. Apa-apaan coba!? Biar lebih jelasnya, beginilah rangkuman saya: How to solve the problem versi Shinka no Mi.

Oh no! You got your wife dead in front of your eyes. Ada bocil kematian yang jadi penyebabnya. Terus apa yang dilakukan Seichi? Ya, dengan kekuatan cinta semuanya bisa dipatahkan. Joget-joget sambil nyanyi dulu, villain yang sebelumnya tobat terus mati hidup semua. Mau dikata plot armor, tidak benar juga. Ini adalah plot device yang hanya berlaku di Shinka no Mi sendiri. Pastikan IQ Anda telah cukup rendah untuk menikmatinya.

Asli dah, 12 episode season 2 ini tolol semua isinya. Mendingan season 1 yang masih ngumpulin nakama, lawan bos dungeon. Punya material kerajaan yang bisa memicu perang, sekolah yang terbagi menjadi dua kubu, tapi malah lawakan yang nembak ke mana-mana yang lebih dikembangin. Makanya banyak yang miss daripada hitnya. Mau komentar lebih cuma kembali lagi ke poin terakhir di paragraf dua. Anda harus menurunkan IQ buat bisa nonton anime laknat ini.

Nokemono-tachi no Yoru 12

BlueHeaven

Saya kira bakal habis, ternyata anime ini bakal menjadi serial winter terakhir di minggu depan yang bakal saya tamatin. Wis pada sudah dewasa mantap habis. Musuh ingin menjebak Wis, malahan Wis yang bisa dengan enjoy tumbuh di dunia khayalan buatnya. Mumpung matanya dah melek lagi, bisa nikmati jalan-jalan sambil nyari abang.

Dantalion jadi batu cukup mengejutkan. Secara alasan tidak perlu dijelasin lagi, sih. Senang pengorbanan Iberta tidak sia-sia.

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 01

What’s This?

Gamers but in college.

BlueHeaven

Semuanya berjalan dengan bagus. Saya suka bagaimana mereka ga langsung cut ketika Akane diputus. Masih ada dialog Akane yang berbobot dibanding cuma ngomong ‘ha’ aja.

Untuk bagian endingnya, kita positif thinking aja. Kali aja baju Akane kotor, jadi Yamada membantu untuk *ehem* ya seperti yang bisa kita lihat dalam animenya. Yamada kan belum pernah jadian. Wajar kalau dia ga tau memperlakukan perempuan sebagaimana mestinya.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 01

What’s This?

Pyscho shounen with gebetan gembul (LSBH pula!)

BlueHeaven

Karakter utama dalam anime ini cukup menarik. Dia punya pemahaman yang jarang sekali dimiliki MC romcom lain. Di sisi lain, heroinenya juga punya penokohan yang tak kalah uniknya. Elegan, hobi makan, tapi gocul juga. Gocul itu istilah baru yang ingin saya daftarkan, goblok tapi ucul.

Berbahagialah orang yang kelebihan berat badan. Karena di anime inilah kalian masih bisa dianggap cantik. Take a look anak botak yang mengungkapkan fetish cewe gendut secara terang-terangan kepada dua siswi di depannya. He is a man.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Conviction didapetin via email bagi yang belum punya. Ini event April Mop di global jujur bikin males karena satu hal: mouse saya rusak. Pointer pake mouse sensorik gak ngedukung ini. Jadi terpaksa gak dikerjain. Sementara itu event di CN justru yang bikin pertanyaan. Eureka ini banyak banget nongolnya di beberapa event kayak Dossoles, Shangshu, Durin, dll. Perilisannya jujur jadi buah dari easter egg itu sendiri, tapi kalo ini dirilis di global, ini treatmentnya bakal “hah?”. Fakta bahwa dia diisi Yuuki Takada jadi alasan saya mantengin profilnya lebih jauh.

Limbus Company

Kaptain

Mulai gobloknya. Ini dari event modul juga kayaknya amanlah bisa nge-spark semua ID sebelum season 1 selesai. Event Railway nanti bau-baunya kayak Realization fight game sebelumnya, jadi ngarep aja bug khas nih dev bakal mihak pemain pas awal rilis.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: seal_juice