[JOI Spotlight] Entering Spring Season 2023

April 9, 2023 21:39
[JOI Spotlight] Entering Spring Season 2023

Selamat datang di JOI Spotlight yang mulai ngumpulin seri musim semi. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri yang baru mulai di minggu ini.

Konosuba Bakuen 01

What’s this?

Prekuel buat produk dagangan utama nih seri

Kaptain

Buat yang butuh pengingat, karakter di awal sempat nongol di arc pemandian S2. Saya dah baca LN-nya dan jujur ini entri ga sebagus seri utamanya ngeliat interaksi keempat orang brengsek itu bahan utama nih seri, dan ini cuma ada Megumin dan warga desa lainnya. Kalau ini jadi adaptasi penuh emang nanti bakal pindah lokasi sampai episode pertemuan sama tim utama, in the mean time ya ngarep improvisasi staf anime bisa ngebantu.

Studio emang ganti namun seperti yang kalian bisa lihat via aset para karakter, stafnya masih sama.

BlueHeaven

Masih dapet lucunya kalau kalian nyari komedi khas Konosuba. Apalagi satu ras Megumin ini kumpulan orang chuuni semua. Hell yeah, Yunyun jadi yang paling waras di sini. Daripada ngelihat ini sebagai proses Megumin jadi penyihir yang cuma bisa explosion, saya lebih melihat ini sebagai proses Yunyun jadi chuuni kayak warga desa lain.

Kaminaki Sekai 01

What’s this?

Max0r bikin anime

Kaptain

Ini satu episode kesannya kayak speedrun satu season seri isekai. Makanya CG juga ga terlalu ngeganggu saya due to the everything else. Paling nggak ini pake eksekusi favorit saya soal klise yaitu “gunain secepet mungkin”. Jadinya kita langsung masuk ke gimmick utama nih seri: Progresi kekuatan via Penyebaran Agama.

BlueHeaven

One CGI and it messed up. Saya bukan fans cerita yang awalnya dibuat ngakak abis terus diputar cepat jadi dark series. Shinchou Yuusha aja butuh 10 episode buat reveal dark route. Ga salah sih karena bahan awal ceritanya gitu tapi tetap saja saya big no buat ginian. Tetap saya bakal nonton karena masih ada yang bisa dilihat dari anime. Bukan CGI tentunya.

Mashle 01

What’s this?

One Punch Wizard

Kaptain

Untuk yang belum tahu gimmick utama nih seri Jump, Mashle itu saking overpowerednya sampe dia baru dapet training arc di penghujung akhir seri. “Masalah” utamanya ya caranya dia ngibulin sistem via ngeyakinin kalau kemampuan fisik dia itu sihir. Ini secara fundamental merupakan seri komedi dengan berbagai pesan khas seri shounen, yang ketopang sama kualitas produksi yang kompeten dan bisa terbit tiap minggu.

Saya pesimis ini adaptasi bisa nandingin, ngeliat manga-nya juga salah satu seri yang punya animasi yang lebih bagus daripada kebanyakan anime.

BlueHeaven

Sebagai orang yang belum baca manganya, episode awal sudah cukup baik menayangkan bagian awal dari cerita. Lagu penutupnya bakal menjadi salah satu yang menarik di musim ini. Kue sus sekarang ada lagu animenya.

Birdie Wing 14

What’s this?

Yu-gi-Golf!

Kaptain

Ga diliput pas awal tayang di musimnya, tapi ini seri olahraga yang nampilin dua adegan pembunuhan yang salah satunya ngelibatin RPG.  Jadi tolong dimengerti kalau arc turnamen sekolah kali ini ga bikin saya sesemangat arc death golf kemarin. Masih kompeten kok dan drama soal latar belakang Eve ya masih lanjut.

Megami no Cafe 01

What’s this?

WARNING: Kouji Seo

Kaptain

Lega aja klise karakter penting yang dimatiin udah terjadi dari awal. Udah lama juga saya ga nonton genre Harem Toko kayak gini dan seenggaknya staf tau alokasi budget pentingnya di mana. Ga ngarep banyak ngeliat Kanojo x Kanojo x Kanojo tuh udah jadi puncak nih genre.

BlueHeaven

Orang bilang ini Go-toubun karena heroinenya ada 5. Jauh banget. Dari ceritanya aja sudah ga bisa dicompare sebanding. Emang serial Kouji Seo bisanya dibandingin sama buatannya sendiri. Lumayan lah, ada tantangan ecchi di bulan puasa.

Kaczmarek

Nge-skip Kimi no Iru Machi sama Fuuka dan langsung dari Suzuka ke seri ini. Karyanya Kouji ini selalu dinantiin jika melihat popularitasnya, namun kompornya gak selalu menyala dan kadang ia juga lupa ganti gas di dalamya. Namun selama ngikutin manga-nya, saya bisa percaya sama skenario cerita demografi young-adult ini. Namun selain Kouji yang bisa jadi peringatan, ada Satoshi Kuwabara yang bikin saya kecewa di adaptasi Mahou Tsukai Reimeiki.

Magical Destroyer 01

What’s this?

Akiba Suda51 War

Kaptain

Seri orisinal. Jenis seri yang milih style over substance, dan jujur bagian stylish utamanya di opening aja. Pas segmen mahou shoujo emang bagusan, shame about everything else.

BlueHeaven

Mereka menggunakan nama otaku untuk menarik penonton otaku. Ceritanya masih banyak lubang, tapi melihat dari proses penyajian, mungkin saja celah itu ditutup di episode-episode mendatang. Opening unorthodox untuk serial absurd. Henshin mahou shoujonya juga logis. Saya suka.

Kaczmarek

Saya udah kejual sama nama Jun Inagawa sebagai perancang orisinal dan Takeshi Ueda yang ngurus OP music-nya. Agak lega karena udah sering nelan Alt Idol sejak 2010-an, terutama musik industrial dari Takeshi, jadi namanya ada pun kayak Sawano Hiroyuki nongol di proyek anime tertentu, menggugah.

Nokemono-tachi no Yoru 13 (End)

BlueHeaven

At least they gave a good finale. Bukan yang best of the best, tapi boleh lah. Last battlenya masih lumayan all out untuk ending.

Beberapa bagian ada yang unlogical, tapi ini masih diterima dalam lingkup fiksi. Tolong itu Snow IQnya dinaikin dikit. Masa tarung pake pistol ga bisa jaga jarak. Lindungin adiknya juga ga efektif banget guardnya.

Tensei Kizoku 01

What’s This?

Just another mainstream isekai

BlueHeaven

Plot mainstream isekai. Walau demikian saya bisa menikmati. Ada beberapa faktor, mulai dari wajah ala chibi sampai dewa yang punya bidangnya masing-masing. Ke depannya bakal saya pantau gimana kabar harem membernya.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: First Kiss wa Owaranai

BlueHeaven

A must-watch movie to finish this series. Season 3 yang terasa kurang bagi saya menjadi sempurna dengan adanya movie ini. Movie ini sudah mencakup bagian cerita yang perlu diceritakan ulang dan menjelaskan detail yang tidak disertakan dalam season 3. Dengan demikian, Kaguya-sama bisa menempatkan diri dalam jajaran anime romance terbaik dekade terakhir.

Kuma Kuma Kuma Bear Punch 01

What’s This?

Your weekly bear season 2

BlueHeaven

Demi nonton ini, saya ngebut season 1 yang dari dulu saya belum kelarin. Ternyata seru juga dan enak buat lanjut season duanya. Buat yang udah lama nonton, masih dapet kok serpihan cerita season di menit-menit awal episode.

Ellelaura mulai kelihatan mengapa dia layak menjadi penasehat penting di istana. Akal bulusnya jalan untuk membuat Yuna menerima kerjaan jadi pengawas anak akademi. Jadi keinget Rimuru pas jadi guru. Segala sesuatu tentang sekolah tentu saja punya banyak potensi cerita yang menarik untuk digali.

Isesuma Season 2 01

What’s This?

Do I need to explain this past meta isekai?

BlueHeaven

Eranya sudah habis. Dulu pas rilis masih acceptable cerita beginian. Sekarang yang tiap musimnya mungkin ada lebih dari 10 anime isekai jadi males nonton yang beginian.

Episode awal langsung jualan fans service. Bisa sih, tapi malah saya jadi bosan melihat dialog antar waifu yang bahas topik yang sebenarnya ga terlalu penting buat plot. Mungkin saya masih bisa tahan kalau untuk beberapa lagi episode ke depan.

Kaczmarek

Nonton cuma buat Yae, nothing else.

Kizuna no Alelle 01

What’s This?

Oyabun no akashi

BlueHeaven

Awal episode langsung dikasih khas video AI-chan seperti yang bisa kalian temukan di channel youtubenya. Ga kaget sih buat fans vtuber, tapi mungkin di luar sana ada yang bakal ngeluhin pergantian 3D ke 2D dan sebaliknya. Jadi, sebelum kalian nonton lebih lanjut, terima dulu kalau ini anime tentang vtuber yang pastinya ada 3D di dalamnya. Wong anime Hololive aja full 3D begitu.

Dari segi cerita, saya melihat ini timpang. Banyak hal yang yang bisa didebatkan. Contohnya soal kelasnya yang dihadiri dengan virtual. Ngapain masuk kelas kalau gitu? Kan teknologinya udah canggih. Kelasnya juga menyedihkan karena semua murid berdiri. Itu karakter utama saya yakin ga tinggi-tinggi amet. Cowo di depannya aja udah jadi penghalang buat ngelihat materi di depan kelas. Untungnya masih ada celah, tapi ini bukan kelas yang proper buat belajar. After perform juga ga banget. Bisa-bisanya disuruh cek komen, terus MC kaget lihat komentar malah dimarahin guru yang nyuruh cek komen tadi. What’s the point?

Segi perform, udah mayan ok yang Kizuna AI. Yang fail itu pas MC perform untuk kelas. Ya kali kita disuruh nonton tracking model dengan background boring kayak gitu. Kameranya juga stabil dan hanya zoom out zoom in. Ga ada animasinya, permainan cahaya atau gimana gitu. Perform yang layak ditolak oleh Noelle. Ga ada impactnya buat menggerakan hati orang.

Bicara soal Noelle, itu performnya bisa dilihat orang di luar kelas ya. Ini konsepnya gimana dah? Harusnya bisa dijelasin kalau emang niatnya itu kelas bisa ditonton sama orang yang di luar kelas. Jadi, jelas kan ini konsep kelasnya benar-benar timpang.

Last, soal closing episode yang lemah. Waw, aku harus terpukau dengan MC yang teleport dari bench di taman ke tempat yang sebelas dua belas sama yang tadi. Hijau dengan pohon di sekitar. Apanya yang harus waw? Weak closing, untungnya masih ada 4 karakter utama lain yang mungkin bisa membuat anime ini menarik. Ada harapan lah.

Idolm@ster Cinderella Girls: U149 01

What’s This?

Mushoku Tensei animator side job

BlueHeaven

Salah satu pembuka yang mewah dalam sejarah anime peridolan. Ga perlu perform yang gas di awal, cukup pengenalan karakter dan cerita yang indah dan kalian akan mendapat kesan bagus dari anime yang kalian tonton.

Arisu benar-benar dimainin maksimal rolenya dalam episode ini. Walau fokus utama ke Arisu, karakter lain masih kebagian spotlight awal yang cukup.

Bukan soal animasi yang luwes maksimal. Saya juga dibuat terpukau dengan musik yang diputar nyetel dengan scene dalam animenya. U-149 itu jatuhnya spin-off, tapi bisa sebagus ini karena ada tangan niat yang ngerjainnya. Straight to top 10 of this season for me.

Iseleve 01

What’s This?

Bukan manhwa korea

BlueHeaven

Ini karakter utamanya merendah sampai inti bumi. Gimana ga dibully coba? Desain karakter emang agak nyentrik, tapi masih bisa ditonton lah.

Isekai OTK Onee-san 01

What’s This?

Okaa-san online but onee-san

BlueHeaven

Gimana ya.. Ini meh banget. Maklum karena Gekkou baru kali ini bikin anime, jadi ga bisa harap yang muluk-muluk. Cuma ya hampir ga ada yang menarik dari anime ini. Plot beginian udah pernah ada di Okaa-san Online, cuma ganti onee-san aja. Ini malah lebih downgrade dari Okaa-san online. Saya bisa lihat mereka mencoba memberi alternatif dengan menghadirkan party kuat yang bakal melawan maou, tapi emang rasa dari anime tetap saja hambar.

First episode but I must drop this series. I can’t see any prospect from this anime. That’s all.

Yuusha ga Shinda 01

What’s This?

Futomomo fetish wet dream [1]

BlueHeaven

Siapa juga yang mau pasang kaus kaki ke lobak?

Kawaisugi Crisis 01

What’s This?

Futomomo fetish wet dream [2]

BlueHeaven

Komedi yang ga dipaksa, fokus di keimutan pet, and yeah… paha.

Kaczmarek

Telinga saya udah kenyang sama Seika di Saikyou Onmyouji musim lalu, sekarang Yumirin ngisi chara utamanya disini. Kuatkan diri.

Rokudou no Onna-tachi 01

What’s This?

Futomomo fetish wet dream [3]

BlueHeaven

Klasik beta MC. Lemah dan ngeselin.

Kaptain

Iya ini konsepnya usang dan pengenalannya juga payah. Tapi ini salah satu eksekusi terbaik buat nih konsep. Rokudou semakin kebelakang itu naik banget kualitasnya sebagai manusia, cuma ya emang kritik umum buat nih seri tuh bagian awal yang lemah banget.

Edomae Elf 01

What’s This?

Dumbo elf yang cocok buat ditonton saat bulan puasa. No ecchi 100%

BlueHeaven

Comfortable opener. Ga perlu nunggu lama buat moment of truth. Elda ucul banget di sini. Baru kali ini saya ga dibuat mikir yang yabai pas nonton serial yang ada elfnya.

My Home Hero 01

What’s this?

100-man no Inochi no Ue ni Ore wa Tatte Iru” bukan cuma karya terbaik Naoki Yamakawa.

Kaczmarek

Akhirnya seri ini bisa tayang. Awal yang bagus untuk ngasih penglihatan masa depannya Tetsuo. Agaknya ini adaptasi bakal nutup tiga kasus dibalik pembunuhan Nobuto. Reika ini cuma tip of the iceberg, ada yang lebih dinantikan yaitu latar belakang keluarga.

WataYuri 01

What’s this?

Hijiri Sanpei’s next level yurcom

Kaczmarek

Di saat cerita Mitsuki sama Hime yang jadi fokus utama, tapi Sumika yang paling nyuri perhatian (subjektif gue). Kanoko belum ada apa-apanya di awal-awal ini, tunggu tiga episode dulu untuk menentukan bakal dihabisin atau enggak untuk ditonton.

Otonari ni Ginga 01

What’s this?

Another jodoh kamu itu ada di “NEXT DOOR” 

Kaczmarek

Akhirnya bisa ngeliat Wakui Yuu dapet peran inti lagi pasca Tooru, Youko, sama Sumire. Belum baca manga orisinalnya, tapi setelah ngeliat ini disutradarain sama Ryuuhei Kimura (yg juga ngisi posisi yang sama di Aikatsu), bisa ekspektasi lebih sama fuwa-fuwa moment-nya.

Ah iyak, ada adaptasi dramanya juga dan tayang barengan di musim ini juga. Mungkin nanti baru bisa nyicip pasca musim berakhir untuk bandingin adaptasinya.

BlueHeaven

Sudah lama terakhir kali saya melihat anime yang menceritakan proses pembuatan manga. Romancenya baru disulut, jadi belum terasa panasnya.

Jigoraku 02

Kaptain

Seri aksi Jump musim ini ngikut yang ini aja deh. Proses eliminasi yang cocok buat terpidana mati, sekaligus sistem gimana mereka bakal diawasin selama misi ngeliat tech level nih cerita belum bisa nanam bom ke terpidana. Untung aja ini cepet Sagiri nangkep kalau ada beban dari membunuh, ga peduli terdakwa pantas dihukum apa nggak.

CTian

Balik lagi nulis karena pengen bahas karya sahabat karibnya Tatsuki Fujimoto ini~

Saya baru baca 3 bab pertama manganya saja, karena di MANGA Plus yang bisa dibaca 3 bab itu saja sih. Kaget ternyata adaptasinya masih 1:1. Iya, 2 episode ini cuman adaptasi 2 bab pertamanya. Oke banget sih menurut saya, kasih kita perkenalan yang proper banget untuk duo ini dan inti ceritanya dengan baik. Ini juga bikin pacing-nya tuh enak, saya sih nggak ngarep 13 episode ini dipadetin buat cover keseluruhan ceritanya, setidaknya kasih 2-3 cour lah buat kelarin. Karena secara manga juga cuman beda 1 volume sama Death Note yang dapat adaptasi 3-cour episode.

Animasinya menurut saya masih kurang mengadaptasi berdarahnya manga yak, tapi visually secara overall masih oke sih, suka banget sama shot Gabimaru pakai ninjutsu-nya di episode pertama. Sound, music, dan sejenisnya oke, suka banget sama vibe yang dibuat musiknya ini, apalagi pas adegan mayat bunga di kapal malam-malam itu, merinding euy. Art director-nya juga oke banget, nggak sabar lihat lebih banyak bentukannya Shinsenkyo di sini.

Intinya ya menarik lah yak, sangat menantikan terus lanjutannya, mulai bahas episodenya nanti di episode 3. Oh ya, pasti pada cariin ini nontonnya di mana, buat penayangan di Indonesia saat ini hanya tersedia di Netflix Indonesia. Walau secara jadwal telat banget memang, di Jepang tayangnya setiap malam Minggu, di Indonesia baru tayang mulai Senin siang, saya nggak tahu persisnya jam berapa.

Tengoku Daimakyou 02

Kaptain

Oke ini bagian sekolah dapet hook menarik. Staf cukup hands-off ngeliat level kekerasan sama hubungan seksual para murid. Then again ya jelas mereka bukan manusia biasa, yang jadi pertanyaan ya tujuan eksperimennya buat apa. Karena sejauh ini karakter yang bersangkutan emang terbukti efektif ngelawan mutan sampe level supernatural.

On that note di segmen petualangan sekali lagi kita diajarin buat nggak percaya sama resor di era post-apocalypse, ada juga petunjuk kenapa protag kedua segmen ini punya muka yang sama. Memang prediksi utamanya itu kloning, tapi bodyjacking juga nyatanya jadi faktor di sini.

Isekai Shoukan 01

What’s this?

The king (and queen) are useless

Kaczmarek

Ngeliat stafnya, ada nama Yukihito nongol sebagai penyusun komposisi serinya. Saya cuman bisa berekspektasi rendah karena penulis skenario Nekopara ini belum pernah bikin saya puas dengan karyanya. Ini juga jadi pertama kali di karirnya ngisi pos ini di proyek anime. Selain itu, Motoko Nakanishi juga debut sebagai sutradara di seri ini. Cukup nurunin ekspektasi lagi, pasca nonton seri yang dikerjain Elle. Entah kenapa seiyuu Kaori Maeda sering dapet karakter yang gak normal sejak ultahnya yang ke-20.

BlueHeaven

Saya tertarik dengan karakter rambut biru yang masokis. Sayangnya, MC malah pergi sendirian tanpa ditemani siapapun. Sia-sia rasa penasaran saya buat karakter yang ditinggal di kerajaan. And yeah, rajanya useless dan segala pejabat yang setuju perang. Kalau ada cerita pas pertama kali MC dipanggil jadi anime season 1 duluan, saya pasti kesel karena plot yang diperjuangkan jadi sia-sia karena ulah mereka.

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 02

BlueHeaven

Kan.. saya bilang juga apa. Ga usah negative thinking dulu, masih awal juga hubungan mereka. Jadi dugaan saya soal baju kotor itu bener. Oh ya, saya bukan pembaca manganya, jadi memang belum tahu ceritanya bakal seperti apa. Selama masih ada game yang dimainkan oleh dua insan ini, pasti bakal ketemu terus Yamada sama Akane. Guild master juga sudah muncul. Makin banyak karakter, makin seru.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 02

BlueHeaven

Terungkap sudah alasan Yamada makan snack sendirian di perpus. Bisa-bisanya ada manusia yang alergi snack dari semua jenis yang dimakan Yamada. Yamada pas makan permen juga vibe Dagashi Kashi kerasa banget. Sekali lagi, anime ini berhasil membuat cewek yang kelebihan berat badan jadi indah dilihat. Kasihan si botak ga muncul sepanjang episode.

Witch from Mercury 13

Kaptain

Squash match buat Aerial. Udah bilang sendiri ini MS tuh yang paling kuat di sekolah. Ini ngeri juga begitu sadar kalau Prospera yang jadi mediator antara Mio & Sule, kalau gini yang gampang banget nge-isolasi mereka.

Males nginget namanya, jadi saya nyebut si dua teroris Kamillle & Amuro aja. Untung aja ini ga makan banyak waktu buat Suletta sadar kalau tuh dua emang nyari perkara. Ednig baru juga ini nekanin kalau “Suletta” ga cuma satu orang.

Limbus Company

Kaptain

Bener kan ngebug. Kayaknya bakal baru nyeriusin railway pas Mei nanti, atau hoki dapet Telepole dari banner. Bisa sih beli langsung, tapi ngeliat nih season tinggal 2 banner aja ya mending nunggu.

Neural Cloud

Kaptain

Ini walopun event guyonan beberapa stage hard ga nyantai banget. Antonina misalnya ngewajibin bawa Jessie, makanya ya reset aja kalau kelabakan dan ngarep Hard mode-nya ngelawan Medic. Helix minggu depan yang saya butuh ngeliat tim warrior butuh dia.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: zanzibalgusto