[JOI Spotlight] Itome Edition

April 30, 2023 20:17
[JOI Spotlight] Itome Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang antara udah mulai kerja atau masih nikmatin weekend ekstra lama. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini.

Uma Musume: Road to the Top 02

BlueHeaven

Animasi Cygames masih konsisten di level tertinggi seperti minggu kemarin. Cuma saya berasa agak aneh di beberapa part yang agak tipis jembatannya untuk scoring. Contohnya pas Ayabe monolog waktu camping solo, itu urutan volumenya dari gede ke kecil itu voice chara > sound effect malam > BGM. Lalu selang jeda beberapa detik langsung dijeder BGM jadi dominan di kuping, berasa aneh feelnya di sini.

Untuk cerita, episode 2 impactnya lebih kurang dari minggu kemarin karena progress ceritanya lebih ngunggulin Ayabe dan nurunin jatah Opera O, jadi expected plot meski penonton ga paham sejarah balapan kuda. Last 3 minutes are the strongest part. Feel nangisnya nyampe penonton. Semoga pas bagian klimaks Top Road juara bisa seemosinal kayak gini lagi.

My Home Hero 04

Kaczmarek

Tetsuo berusaha ngelepas Kasen tapi kayaknya Kasen gak bakal ngelepasin semudah itu. Ngelacak secara palsu soal Nobuto ini jadi bom waktu doang dalam waktu dekat. Entah gimana Tetsuo bisa ngelepas ancaman ini. Tapi Kyoichi bisa jadi jalan keluarnya kalau urusan sama grup satunya gak berpihak ke dia. Masih ada kesempatan buka solusi lain tapi layer-nya makin tebel untuk ngerapihinnya.

Tensei Kizoku 04

BlueHeaven

Serangan bombardir Silk. Mana tahan kalau ada gadis cantik yang nempel dan manja kayak gitu? Episode 4 di luar dugaan ga ngebut kayak episode sebelumnya. Komposisinya juga sama kayak episode 3, soal pengangkatan baron dan tunangan.

Ao no Orchestra 03

BlueHeaven

Baru kali ini saya lihat anime musik yang animasinya pake CGI. Walau ga terlalu dibuat lebay kayak Kamikatsu, tetap saja agak risih lihatnya. Bagian animasi memang titik lemah dari anime ini. Dari segi musik juga belum wah amet. Masih standar pemula, lah. Kabar bagusnya, rambutnya Akine bisa diatur ponytail ke belakang juga. Masuk sekolah baru juga munculin karakter baru. Apakah kita akan mengucapkan sayonara kepada Sensei yang jaga UKS di SMP?

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 03

BlueHeaven

Nothing special about this episode. Cuma ngakak aja Taylor muka cengo lihat Raeliana habis dandan.

Isesuma S2 04

BlueHeaven

Did they just animate 1 whole arc novel into 1 episode? Ngasih filler gaspol, plot utama malah turu. Saingan sama Tensei Kizoku soal plot ngebut ini mah. Bedanya, Isesuma masih santai ngasih filler di beberapa episode secara penuh.

Iseleve 04

BlueHeaven

Hiya, animasi gesar-geser, zoom out-zoom in, mereka lagi bikin CD drama bergambar atau anime, sih? Sekitar 70 persen screentime habis begituan. Plotnya juga kayak sinetron Ind*osiar. Wow, tiba-tiba ada gangster bisa nerobos keamanan sekolah elit. Materi ceritanya juga ga wah amet, ini mah sering ada di novel ecek-ecek yang kamu bisa baca di platform online. Bedanya ini dapet anime aja.

Oshi no Ko 03

Kaptain

Ini seri yang dapet adaptasi pernah nongol di Kaguya, lupa episodenya cuma inget satu OSIS jadi overdosis seri shoujo. Akasaka dendam kayaknya sama adaptasi live action tertentu, tapi sepenuhnya sadar sama tuntutan finansial biar proyek bisa jalan.

BlueHeaven

Terima kasih telah menggambarkan ekspresi mangaka yang pasrah melihat karyanya diadaptasi jadi film ampas.

Konosuba Bakuen 04

Kaptain

Yakin saya ada yang nanya “Kok Yunyun punya temen” pas awal tayang. So here you go, jenis bullying yang lain. Ini prekuel emang terus nekanin kalau Megumin itu jenius bahkan di standar ras spesialis sihir, ngeliat dia nunda lulus lebih awal demi bisa dapet Explosion.

On that note, ini sekolah emang khususnya buat nge-power level para murid dibanding ngasih kemampuan praktis. Ya pantesan aja pada sarap semua.

BlueHeaven

Berasa dragging karena masalah yang segel gak kelar-kelar. Dibanding minggu kemarin yang masih bisa nampilin gerak-gerik karakter baru, yang ini cuma penegasan hubungan Megumin dan Yunyun. Cliffhanger di akhir ngebantu untuk tetap niat lanjutin seri ini setidaknya sampai minggu depan.

Birdie Wing 17

Kaptain

Hore, balik ke plotline mafia dan Vipere jadi bagian cast lagi. Jadi konsekuensi dari Eve yang kena deportasi adalah Seira jadi ngasih kompetitor utama promotor paling berbahaya. Saya tahu ini konflik nih seri emang shounen 90’an banget, tapi ga nyangka ini level perang eugeniknya dah selevel Naruto. Ga cukup Eve dilatih sama monster golf dan si bapak juga world class. Dari si ibu juga sumbernya dari dinasti golf Eropa.

Kaminaki Sekai 04

Kaptain

Kalo nggak kayak gini nih seri nggak bakal diomongin tiap minggu, jadi saya bakal ngelakuin hal kontroversial via ngomongin cerita episode ini. Bukan kejutan gede soal Loki karena sekali lagi, dari seiyuu udah ketahuan identitasnya. Bagus juga ini diomongin kalau abnormal banget spesies yang otomatis bakal muja benda/konsep paling gede di sekitarnya ga kenal Dewa sebagai konsep selama ini. Ini nyambung sama Loki yang bilang dia muak dengan kondisi ibu kota, yang jelas sesuai nama dia punya opini yang gak populer sama si kaisar.

Kaczmarek

Semoga director + acc dari sang kreator bisa make formula ini kedepannya. Saya gak bisa bilang ini seiyuu-nya keberatan karena tarif per orangnya juga yang mastiin itu agensi-komite yang juga bervariasi suaranya.

BlueHeaven

Inilah zaman di mana animasi ampas boleh dikatakan jenius. Di episode ini kita bisa yakin kalau Kaminaki emang sengaja nampilin animasi di bawah standar. Kalau cuma model CGI bakal diroast, tapi ini nempel muka dari rekaman real life, asli humornya kena. Untung saja Kaminaki diadaptasi dengan cara seperti ini. Jika diadaptasi secara proper, palingan ini hanya terlihat sebagai anime isekai musiman biasa. Great job.

Megami no Cafe Terrace 04

Kaczmarek

Episode yang bisa saya skip tapi karena Shiragiku mabok lagi jadi saya gak jadi skip. Ini masih tahap introductory heroine minus Akane yang juga dapet porsi di episode berikutnya. Riho udah mulai ngeliatin satu charm-nya yaitu easily pleased for being dependable. Meanwhile Ouka dengan hardworking side namun dengan minus yang membahayakan kesehatannya. Ami? Buat apa Ami? Tukang pukul? Bodyguard? She is just there. That’s her charm.

BlueHeaven

Sekarang kalian tahu kegunaan Ami kalau ga jadi fighter, ya kuli panggul. Bisa-bisanya ngasih referensi Street Fighter. Kesimpulannya, kalau kalian ingin menjadikan Ami sebagai waifu, wajib punya otak smart biar bisa balance.

WataYuri 04

Kaczmarek

Flashback episode yang huuuuuuuh dramatik untuk anak-anak. Kemudian dendam ini masih dibawa ke ranah anak SMA yang berasa kayak Gasly-Ocon pada masanya. Untungnya satu sih, Mai sebagai bos sengaja ngulur ini berdua untuk bareng terus untuk nyelesain masalah mereka. Intrusi nantinya bakal nongol Kanoko yang juga gak dapet peran apa-apa di episode ini. Sumika juga, tapi semoga si gal bisa dapet background story jadi gak cuma coworker.

Isekai Shoukan wa Nidome desu 04

Kaczmarek

Dicepetin demi ngejar Toma. Dengan ini maka semua karakter utamanya udah lengkap hadir sejauh anime ini tayang. Predictable formula so far.

Otonari ni Ginga 04

Kaczmarek

Goshiki x Ichirou kian melayang di udara. Saya suka Goshiki mau ngerasain momen pertama kalinya di usia 19 tahun tentang jatuh cinta, sementara Ichirou ngikut sabar dan panik sama takdir yang ia terima pasca kena durinya Goshiki. Sejauh ini belum ada pihak ketiga yang gangguin kecuali ibunya Goshiki yang pastinya gak tahu situasi di kosan ini.

Jigoraku 05

Kaptain

Plot B kali ini adalah penjelasan kalau pulau punya sistem tersendiri buat nyegah pendatang kabur, jadi ya ga bisa minggat sebelum tahu cara ngelawan arus dan monster penjaga. Secara efektif juga ini para tim yang tersisa cukup kooperatif semua dan alokasi tanggung jawab udah jelas. Tapi ya visual awal juga fokus ke tim yang bersangkutan. Lucu aja sih si kanibal ini narget terus orang yang ga sopan sama Sagiri.

BlueHeaven

Itu si Genji udah dapet feeling saya bakal jadi next corpse. Bener aja, apalagi dia ngelakuin hal yang harusnya tidak dilakukan, suruh Sagiri nyerah dan pulang. Kemarin yang pake gantai mati, sekarang dia. Raksasa itu kayaknya jadi jimat buat Sagiri, ngehabisin temannya yang ngatain dia. Yang kacamata setengah setuju, berarti nanti dia bakal setengah mati.

Tengoku Daimakyou 05

Kaptain

Masih soal tanggal, penanggalan segmen panti masih pake era kaisar jadi ya timeline lebih kabur. Si direktur bilang sendiri kalau para anak emang didesain dengan superpower dan fakta kalau mereka rentan penyakit sama sekali ga bisa ditolerir. Nyambung juga sama komentar kapten kapal soal transplan organ para mutan yang dipercaya bisa ngasih kekuatan.

Ini dah masuk episode 5 juga kualitas produksinya masih kuat dan interaksi karakter masih alus. Ini anime performanya paling bikin saya kagum musim ini.

Witch from Mercury 16

Kaptain

12 meninggal dari terorisme. Kandidat presiden selanjutnya juga ngumpul walopun ada juga yang ga hormat sama proses demokrasi kayak El5n yang mesti ngadepin sistem keamanan Aerial. Ini Prospera emang efektif banget jadi antagonis. Bisa dengan lantang ngasih tahu rencana dia dan tawaran buat menangin pemilu dia tuh bukan rekomendasi, Miorine harus menang atau mati.

Edomae Elf 04

BlueHeaven

Awal episode nampilin Elda versi serius. Yang biasanya manja kini berubah jadi sosok yang bisa diandalkan ketika bertemu sesama elf. Setidaknya masih ada dosis Elda ucul pas dia sakit di episode ini. Charming ini ga boleh hilang. Koito yang masak bubur kacau balau juga menarik. Untungnya itu bubur masih edible, lebih tepatnya udah bukan bubur lagi sih.

Mashle 04

BlueHeaven

Pertandingan Quidditch yang bisa bikin Harry Potter pensiun. Di luar nalar, cara Mash melayang di udara dan ngelempar bola 999x dalam kurun waktu injury time. Udah, kasih aja itu penghargaan penyihir terbaik, mana ada yang bisa begini. Karakter siscon juga debut di episode ini. Bakal jadi supporting kuat buat Mash untuk ke depannya.

Idolm@ster Cinderella Girls: U149 04

BlueHeaven

CP are not joking. Momoka dapet spotlight wadehoi. Arisu masih jadi main girlnya, jadi setiap case harus ada dia ikut serta dalam episode tersebut. Episode ini juga matahin pola yang berulang. Idol seniornya cuma numpang cameo di awal, ga ikut-ikutan berinteraksi dengan idol cilik. Fans Momoka sangat puas dengan adaptasi episode ini.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 05

BlueHeaven

Yabai! Makin hari makin suka saya sama adaptasi anime ini. Yamada pasti udah notis Ichikawa lebih dari sekedar teman kelas. Chemistry yang kebangun makin hangat dan rapat. Ga ada kelakuan aneh juga dari Ichikawa sepanjang episode. Kalau monolognya sih, bagi saya novel class, enak di telinga saya.

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 05

BlueHeaven

Saya tarik untuk bilang Runa sudah tobat. She’s still a bad girl. Demi apa coba, bocah interaksi dengan kenalan online terus set up pertemuan dengan orang yang disingkirinnya. Itu orang freak pula, ga tau kata mundur. Untungnya anime ini masih baik hati tidak menampilkan polisi atau Eita ngebentak lebih kasar ke Runa. Akane terlalu lembut, sih. Well, itu yang bakal dilirik Yamada untuk jatuh cinta padanya.

Mahou Shoujo Magical Destroyers 04

BlueHeaven

It’s getting worse and bland at this point. Udah logika ceritanya ga nyampe, battlenya juga ga bisa bikin orang bilang ini seru. Mau dibilang filler, sepertinya bakal banyak episode semacam ini untuk ke depannya. Mungkin bagian pecahnya disimpan untuk episode lain, tapi kalau gini sih saya jadi makin malas ngikutinnya.

Intinya dari anime ini simple, cuma mau ngasih tau gimana hidup jadi otaku yang punya banyak macam. Kalau ngomongin mahou shoujo, bukan ini tempatnya. Mereka cuma pajangan doang. Hero otaku juga menang bacot. Sampai di sini kah kreativitas sutradaranya?

Kaptain

Nyerah dah. Anime lebih milih gross out humor daripada surrealisme episode awal.

Honkai Star Rail

Kaptain

Saatnya nyari penyakit dengan ngasih sentimen positif ke nih game. Kurang lebih 30-40 jam Star Ocean yang bisa dimainin gratis. Kritik soal sederhananya sistem juga rasanya nyuekin fakta kalau tim awal tuh sinerginya bagus dan saat constellation naik juga niche mereka jauh lebih mantep. Sama kayak Star Ocean juga ini yang nulis material sampingan juga jauh lebih kompeten dibanding penulis cerita utamanya.

Ya. Penyakit kayak cerita ga bisa diskip masih ada. Animasi juga mesti nunggu kelar sebelum dialog bisa maju. Udah gitu ini konten cerita bikin saya benci karakternya jadi niat ngeroll juga minimal. Tentu aja progresi masih sama kayak Genshin tapi senggaknya kerjaan harian bisa di-auto+langsung via menu dan commision satu aja dan ga perlu dilaporin.

A harder sell. Secara pribadi saya cukup apresiasi RPG yang bisa saya mainin di 20 min burst. Cuma sekali lagi ini bakal jadi tipe game yang saya cuekin side-eventnya ngeliat interaksinya dengan cast utama juga malesin waloupun kebantu dengan nggak adanya Paimon

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Victim_Girls