[JOI Spotlight] All Back Edition

May 14, 2023 20:52
[JOI Spotlight] All Back Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di pertengahan musim. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini.

My Home Hero 06

Kaczmarek

Kasen lagi-lagi jadi penyelamat di tengah waktu genting. Sumpah ketenangannya ini kudu di implore lebih di kemudian hari karena gak mungkin dia berpengalaman di klub teater cukup buat ngelakuin itu. Tetsuo kepergok beol di luar rumah jadi puncak komedi di cerita suspense ini.

Tensei Kizoku 06

Kaczmarek

The trope, the habit, the usual. Same thing happened again and again and again. Sudah waktunya Cain untuk ngebeberin situasi spesialnya ke aristokrat tertinggi negaranya pasca ngeliat faktor internal yang kian ngedukung. Timer dia jadi raja masih berjalan dan kemungkinan berhenti di akhir episode terakhir. Ah iya, bride tambahan yang musclehead bernama Tijuana jadi beban di pundak dan kaki Cain berikutnya. Nina sama Milly juga belom nongol lagi, jadi kemungkinan 5 anggota haremnya bisa kekumpul di klimaks awal.

BlueHeaven

Sekalinya dilanjutin progress langsung balik ke speed turbo, dong. Ya, karena Cain di sini ngecheatnya juga parah, ga heran bisa dapet third harem dari golongan elit lagi. Reveal jati diri juga ga menolong posisinya. Otw disembah seluruh negeri ini mah.

Oshi no Ko 05

Kaptain

Taishi Murata meranin Pieyon. Dianya juga punya peran di Kaguya dan semua petunjuk yang ada sejak debut manga-nya dulu nekanin kalau dia itu senpai tertentu. Baguslah ini Oshi juga ga mau kalah di aspek shitposting ngeliat segmen streamingnya niat banget.

BlueHeaven

Akane debut walau ga strong kayak Arima Kana. Memcho juga debut di episode ini. Tapi yang paling menghibur tentu saja Pieyon. Saya bukan penggila fitness jadi ga tau potensi pasar buat konten beginian. Seharusnya Akasaka sudah meninjau yang beginian kalau emang bisa dimasukin ke dalam karyanya yang agak menyindir realita.

Kaminaki 06

Kaptain

Buat seri komedi gabener kayak gini, saya lihat sebagai kemenangan begitu saya bingung mesti pake gambar yang mana. Kerjaan no. 6 Rieri yang dapet slot Gyaru di sini.

Kaczmarek

Gue pikir chara yg diisi Rieri duluan jadi lust service disini, malah Mikakoshi. HADEH, mana tahan atuh. Kalo bener apa yg dibilang Rishu untuk ngancurin organisasi, berarti bisa berharap ada organisasi lain yang punya tujuan ngelawan archon.

BlueHeaven

Yep, kita masuk ke dalam arc gereja vs gereja. Belum apa-apa sudah terjadi penyesatan. Gawat nonton episode ini di area publik. Scene dewasanya terlalu banyak mendominasi.

Konosuba Bakuen 06

Kaptain

Derita fresh graduate yang overspecialized. Di LN sendiri dijabarin kalau Explosion Megumin itu ngekontaminasi kemampuan sihir dia jadi ya kebanyakan alat sensitif jadi ga stabil, sementara buat yang segmen sektor jasa tau sendiri lah. Arnes emang bukan jendral tapi ya apes aja jadi designated big boss buat arc ini. Akhirnya juga pindah ke area lain ngeliat ini para CD emang udah usang guyonannya.

Jigoraku 07

Kaptain

Terakhir saya ngecek pohon paling tua di dunia itu 5 millenium usianya, jadi ya ini secara teknis integrasi dengan tanaman kayak gini bisa jadi keabadian itungannya. Akhirnya juga dapat intel dari Groot soal target ekspedisi jadi ini nggak usah keluyuran ga jelas lagi. Fix juga ini praktik keabadian juga sumbernya dari Taoisme jadi saya expect obat aneh-aneh bakal nongol, ngeliat udah jelas ini bahan Elixir asalmya darimana.

Dead Mount Death Play 05

Kaczmarek

Quick as f. Lemmings ternyata punya hubungan sama keluarga Shinoyama. Kazuki dan Shizuki juga akhirnya debut nemuin pamannya. Tapi minimnya filler disini agaknya yang bikin cepet plot pertama muncul dalam waktu dekat. Polka, Misaki sama Takumi disini sebenernya belum aman tapi mereka udah berani untuk nyari duit dengan cara kayak gitu.

WataYuri 06

Kaczmarek

Gue gak masalah kalo Yano dan Hime ini ngobrol secara privat untuk nyelesain masalah template seri yuri ini. Tapi karena ada PR sake dari kafenya, mau gamau keputusan mereka untuk ngelakuin di depan pelanggan jadi stunt terbaik untuk benerin reputasi mereka. Tapi tentunya ada yang kebakaran disini yaitu Kanoko yang posesifnya mulai tebal ke Hime walau keraguan sama malunya untuk ngomong frontal masih jadi momok. Kalo Kanoko gak bisa dapet Hime lagi seperti yang dia inginin, ada jalur lain bernama Sumika yang lebih sering jadi observer. Dengan ini prediksi saya formasi 2-2-2 bakal kejadian dengan detail: Hime x Yano, Sumika x Kanoko, Mai x Nene.

Megami no Cafe Terrace 06

Kaczmarek

Bendera perang udah dikibarin oleh dua heroine. Saya jujur gak pengen memihak kriminal, tapi saya ngedukung Hayato ngeremas dadanya Ami berulang kali kalo tiap device yang dia ancurin itu secara aksidental. Ouka gaperlu diremas, dimarahin aja udah cukup, Ami gak cukup dengan itu. Riho meanwhile being sassy less and less tapi dia juga gak bisa bantu kontrol Shiragiku untuk minimal gak mabok lagi. Akane sementara berhadapan dengan masalah keluarganya. Ini jadi topik utama untuk episode di nomor keberuntungan nantinya.

Kaptain

Ini harusnya ya barang masih digaransi. Then again ya ini Hayato. Tipe orang yang ngerasa jaminan kayak gitu tuh cringe.

Otonari ni Ginga 06

Kaczmarek

Belajar bersosial, belajar dunia, belajar cinta, Shiori butuh banyak waktu untuk bisa serius atau bawa si Kuga ke pulau asalnya. Miskomunikasi ini juga tentunya bakal menghambat progres karinya jadi asisten mangaka kalo gak segera dikejar (terutama teknik digital). Di lingkungan yang udah suportif, tinggal keduanya untuk bisa saling bahu membahu sih. Cuman ini ceritanya masih kemanisan kalo gaada drama dari keluarga asalnya Shiori.

Isekai Shoukan wa Nidome desu 06

Kaczmarek

Sussy ternyata sussy dari awal. Ini plot yang gampang ketebak, cuman gue gak ngira Alize ditinggal gitu aja sama Setsu dan Levia. Tentunya ini bikin posisi Alize kian terpojok sama Amer. Duh ini baru setengah cour tapi banyak detail yang ke-skip demi ngejar ujungnya yang sesuai sama klimaksnya.

Birdie Wing 19

Kaptain

Karena ini emang Tomino banget strukturnya, ini club baru Aoi itungannya mid-season MS upgrade. Pengetahuan soal latar belakang Amuro masih jadi beban buat Aoi, tapi untungnya sekarang dia udah dapet motivasi via ngedapetin jawaban langsung dari orang tua aslinya. Bagus juga ini semua pihak yang terlibat sadar kalau sumber perkaranya itu Athens jadi endgame dah jelas.

Uma Musume: Road to the Top 04 (End)

BlueHeaven

Build up yang lumayan lah untuk cerita yang sudah tercatat dalam sejarah sebelumnya. Semua hasil dari race ini masih setia dengan peristiwa aslinya. Yang saya notis sepanjang 4 episode berjalan adalah Cygames sudah berhasil mengaplikasikan animasi top tier di masa ini. Nambah lagi deh studio yang bisa kalian harapkan punya adaptasi anime ciamik tiap perilisannya. Congrats buat Top Road yang sudah tidak dibelenggu kutukan dari singkatan namanya.

Ao no Orchestra 05

BlueHeaven

Inilah yang membuat Vivaldi sedih kalau melihat komentar dalam anime ini. Yang mereka tahu Four Seasons = Vivaldi. That’s it. Padahal Vivaldi ga cuma ngecompose Four Seasons doang.

Kan saya sudah bilang berapa kali kalau anime ini memulai dengan standar yang paling basic amet. Meski begitu, kok saya masih betah ya mantau anime ini? Apakah Ritsuko effect terlalu strong buat mengunci mata saya terus memandang anime ini?

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 05

BlueHeaven

Noah harusnya dibuat lebih marah lagi bisa ini. Cuma dibikin flashback ga sampe 5 detik ada kali. Ekspresi wajah Raeliana juga terlalu mengganggu jalannya cerita. Sepanjang pesta juga udah diperlihatkan sih, tapi c’mon jangan terlalu sering dispam juga. Emangnya karakter di situ buta apa, ga bisa lihat mukanya yang menggambarkan suara hatinya?

Iseleve 06

BlueHeaven

Another mind blowing episode. Ouch, MC udah mau kehabisan tenaga nih? Gimana cara nyelesaiin ya? Terobos api terus terjun dari jendela? Dah basi! Sekarang waktunya menghancurkan lantai mall 13 tingkat sampai ke dasar. GG abis dah ini sepanjang episode! Otak saya sampai tidak mau berfungsi dengan baik ketika nonton anime ini. Besok-besok bakal ada apa lagi ya, kejutan dari MC segala MC, Tenjou Yuuya?

Mashle 06

BlueHeaven

Lagi-lagi mereka ngampil referensi dari Harry Potter, tinggal ganti sorting hat sama unicorn. Itu murid yang dijadiin boneka apa ga ketahuan apa kalau hilang. Pihak sekolah ngapain aja dah sampai komplotan kriminal bisa bersarang di sekolahnya. Sekarang tinggal bagaimana jawaban Mash untuk menghadapi sihir semacam itu. Jangan bilang semua bisa diselesaikan lewat otot lagi? Ini sihir yang bisa mengubah wujud orang loh!

Tengoku Daimakyou 07

Kaptain

There, orang lain di segmen petualangan yang nyebut mutant sebagai Hiruko. Maru juga giginya udah mulai sembuh so that’s a hint soal “pasien” utama nih rumah sakit. Udah jelas sih sumber kesalahpahaman antara dua faksi darimana ngeliat ini post-apocalypse ga ngasih banyak pilihan soal perawatan medis. Antara organ ilang atau nyawa ilang.

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 07

BlueHeaven

Kamota avatarnya mini banget. Ingin saya keluhkan konsistensi ukurannya yang sering agak berubah, tapi selalu dipertegas lagi di frame berikutnya. Mantannya Akane datang ke rumahnya juga agak random banget masuknya. Pas Yamada buka pintu dengan santainya, jadi inget kematian Ai yang punya set up serupa. Untung yang datang bukan ngebawa karangan bunga sama belati.

Soal ngebenerin laptop saya lepas tangan, bukan bidang saya untuk mengomentari. Yang saya tahu cuma sedikit, external GPU ini ga semua laptop bisa nyoloknya.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 07

BlueHeaven

Buset ini Yamada makin lama makin ganas approachingnya ke Ichikawa. Episode ini juga banyak nampilin Hara di beberapa kesempatan. Saya heran si botak sembunyi di mana dah. Cepat atau lambat harusnya kakaknya Ichikawa bisa nyadar kalau adiknya ini ngecrush sama artis. Tambahan, Yamada tiap kali buka mulut lebar-lebar dan di bagian slow motion itu lumayan banyak di episode ini. Nyebar cakep jangan overkill dong!

Arknights (Global)

Kaczmarek

DEAD WEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEK. Cukup lama nunggu ada event baru dan beberapa hari terakhir cuma bisa nyelesain IS2 yang nyisa satu ending. Akhirnya kelar di hari Jum’at kemarin.

Girls Frontline

Kaptain

Ini struktur eventnya ngeselin banget ngeliat kita dipaksa main minigame. Udah gitu buat ending tertentu beberapa stats ga boleh naik jadi ya reset dari awal loop-nya. Which is a shame ngeliat semua segmen notG11 sama si Ninja itu ngena komedinya. Paling nggak tanggung jawab utama nih kollab yaitu ngedeketin para member Franchouchou dipenuhin, karena ini episode Yuugiri, sama seperti season duanya; bagus banget momennya. Turns out latar belakang dia itu ngebikin dia simpatetik sama endgame SKK, and if anything ini momen jarang dimana si SKK bisa jujur ngobrol sama seseorang soal kemana akhir perjalanan dia bakal menuju.

Neural Cloud

Kaptain

May Chaos Take The World. All you need nongol buat half year anniv jadi maaf Sueyoi yang prioritasinya anjlok di mata playerbase. Emang ini kayaknya ngejar CN ngeliat setelah Abberance Chain kita ketinggalan 2 campaign aja.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: nk_ym2

Sorry. No data so far.