[JOI Spotlight] Defense Office Edition

May 21, 2023 20:27
[JOI Spotlight] Defense Office Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di paruh kedua musim ini. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini.

Konosuba Bakuen 07

Kaptain

Ai Farouz sebagai Cecily, ngikut mobagenya. Jadi ya paling pas Iris nongol nanti ya sama. There you have it, sumber perkara nih kota diperparah Megumin jadi reaksi dia di S2 dapet konteks penuhnya. Kali ini menu utamanya ya para pemuja Aqua yang akhirnya para eksekutifnya dapet fokus. Nggak kaget kan manajemennya kayak gini semua?

Oshi no Ko 06

Kaptain

Episode berat, sampe di episode yang saya tonton ngasih nomor darurat buat pertolongan. Diskusi Terrace House, yang sampe hari ini masih ngalamin masalah legal walaupun dah di-cancel; naik lagi pas episode tayang ngeliat kemiripan kasus almarhum Hana Kimura dengan Akane.

Bahkan tanpa kritikan sekalipun kreator konten bisa stres ngeliat performa analytics yang Kana sendiri udah bilang bisa detail banget. Makanya kreator yang ingin tahan lama antara dah punya mental baja atau peduli setan sama tuh data. Sesuatu yang jelas sulit diinteranlisasi Akane selaku artis “klasik”

BlueHeaven

Saya melihat Akasaka Aka merilis Akane tidak segamblang karakter lainnya. Akane seakan dijadikan karakter sampingan dibanding pemeran film lainnya. Belum lagi, cara untuk menaikkan derajat Akane melalui proses yang menyakitkan. Akasaka bukan hanya menyindir dunia entertaiment, tetapi kekejaman internet tanpa pandang bulu. Berdasarkan kisah nyata yang diangkat, agak nyes juga lihat bagaimana proses Akane bisa dikatakan menjadi karakter penting dalam anime ini. Melihat karakter yang punya etos kerja tinggi dibalas dengan jahat seperti ini, saya cukup lemah untuk tidak bisa tidak bersimpati dengan Akane. Soal Aqua menyelamatkan Akane, pasti ada batu di balik udang. Tinggal bagaimana Akane bertransformasi menjadi karakter yang bisa disukai oleh orang-orang karena tidak mudah untuk bangkit dari titik ini.

Kaminaki 07

Kaptain

Tangan kanan pun jadi. New tech via kesadaran kalau pemujaan cuma efektif kalau diberi langsung ke para dewa, dan jelas Riche punya kharisma yang lebih gede dibanding Gyaru Rieri.

Kaczmarek

Setelah dibuat kesel sama CG di awal-awal episode, kini dibuat kesal dengan penggunaan adegan yang berulang-ulang yang kian kelihatan. Gak, selama joke-nya masih enak diterima, ini seri masih awet jadi watchlist. Animasi 8bit disini juga mendominasi di tengah cult yang seharusnya memuaskan para penikmat fanservice dengan animasi aslinya. Dibikin subtle gini justru bikin daya tarik sendiri.

My Home Hero 07

Kaczmarek

Gila nonton aja bikin stress.Tetsuo kini kudu ngejaga Reika dari informasi ini. Di satu sisi, Kasen udah ngedalemin ortunya Kyouichi. Minimal Kasen punya kartu baru untuk nge-counter Kyouichi jika ancamannya bisa makin parah.

Tensei Kizoku 07

Kaczmarek

Ketemu calon adik mertua dan kini kalo resmi berkeluarga sama Tijuana, Cain udah punya sokongan terkuat dari sisi para petualang. Sayang aja Milly sama Nina belum sempet ketemu Cain lagi disini. Sekarang ini dewa yang ngilang di meja bundar itu butuh momen untuk ngungkapin diri ke Cain. Secara udah dapet restu untuk nambahin blessing, tinggal disempurnain sama yang ngilang.

BlueHeaven

(Calon) Istri minta jatah, bocah malah kabur. Mungkin itu judul yang tepat buat menggambarkan episode ini. Lucu juga sih, dia sudah dapat kekuatan OP dan tnaggung jawab gede malah masih mau lari ke plot klasik isekai jadi adventurer. Plot beginian emang dah pasti ketebak. Bisa ngalahin rank yang di atasnya, selesain misi yang bukan pada ranknya, dapat promosi at the last. Cuma ga nyangka aja bisa naiknya drastis. Biasanya masih coba ditahan dulu kalau di anime lain, cuma Cain punya backingan nama-nama gede jadi ga heran.

Dead Mount Death Play 06

Kaczmarek

Kazuki dan Shizuki masih jadi prioritas keamanan. Tapi masalah di dalem keluarga ini masih abu-abu. Di satu sisi nyurigain pemimpin saat ini, tapi di satu sisi ngira dia jadi allies dalam kasus ini. Kehadiran Lemmings juga ngasih tahu ada hal yang bermasalah dalam keluarga ini namun dia gak bisa eksekusi di luar kesepakatan.

Birdie Wing 21

Kaptain

Via mid-season upgrade dan penyelesaian relationship arc Aoi berhasil masuk tier profesional. Sementara Eve harus ngalahain Char Aznable. If anything Eve dari awal udah ngerti kalau musuhnya kali ini harus 100% diseriusin dari awal. Sisanya ya jatoh dieksekusi. Demen aja ngeliat Eve selaku underdog sekarang dah jadi mafia princess.

WataYuri 07

Kaczmarek

Sekarang giliran Kanoko x Sumika yang dimasak dalam empat episode kedepan. Di segmen awal, Kanoko bikin kesel karena berpandangan sempit yang jadi cara dia untuk menilai orang. Namun sejalan dengan asis dari Nene (thank goodness dia dapet peran), nama baik Sumika bukan cuma sekedar gyaru biasa. Mari memasak drama kedua di seri ini!

Megami no Cafe Terrace 07

Kaczmarek

Budget wajahnya Akane di episode ini ditinggiin setinggi mungkin. Terutama pada animasi matanya yang dibikin berbinar-binar di tengah tekanan dan saat Hayato ngedorongnya untuk berani ngomong. Disini Akane beruntung punya emak yang pikirannya satu frekuensi sama Hayato. Emang dibuat ambigu sih, masa masalah soal masa depan perusahaan keluarga kudu ketunda lagi? Lagi-lagi power of emak gak bisa ngalahin pemangku kebijakan lainnya. Minimal emaknya dapet kartu buat dimainin di depan anaknya.

Otonari ni Ginga 07

Kaczmarek

Well, satu hati harus merundung pasca kecurigaan Chihiro terjawab oleh Machi. Sekarang mau dibawa kemana? Didramatisir? Gak dikasih fokus? Chihiro masih jadi karakter misteri di kontrakannya Kuga. Untuk pertama kalinya Shiori sakit, dan tentunya ini jadi servis bagi Ichirou untuk ngelayanin pacar soon to be istrinya. Progres cerita? Apa itu progres cerita? Kita masih belum dapet kontak sama ibunya Shiori sampe sekarang wkwk.

Isekai Shoukan wa Nidome desu 07

Kaczmarek

Peregangan yang gue kira bisa sampe dua episode tapi ternyata dipercepat di satu episode aja. Masih ada satu heroine lagi yang kesisa di visual, jadi ini kayaknya ngejar pertarungan lawan Toma aja. Budget gede dalam produksi minimalis.

Jigoraku 08

Kaptain

Karena karakter dah dikit ya bisa deh ngasih cukup character arc sebelum korban dimatiin. Situ emang ngarep happy ending, tapi ya maaf; pendekar buta dan karakter yang spesialisasinya itu mengintai tuh combo yang efektif banget.

Witch from Mercury 18

Kaptain

Kinda messed up strateginya Prospera ini akhirnya ngasih Suletta kesempatan buat jadi siswi normal. Cuma ini cara perpisahannya sangat nggak produktif banget ngeliat ini tipe beban emosional yang bikin Suletta kabur ke Bumi. Then again ini sangat penting banget buat terjadi ngeliat Suletta perlu detox dari ibunya dan Aerial. Ngarep banget dia dapet mass produced MS sebelum konflik akhir sebagai pembuktian kalau dia bisa berdiri sendiri.

Berkat Secelia di atas juga “Mesugaki Confessional” jadi trending di sosmed JP.

Iseleve 07

BlueHeaven

Facepalm tepok jidat. Dapet cewe baru, ini MC polos banget. Dikibulin mau aja. Ga mau percaya sama insting pet sendiri. Bad owner, bad relationship. And yeah, just another author’s wet dream episode. Pake acara onsen di tengah hutan lagi. Fan service apa yang dapat kau dustakan?

Ao no Orchestra 06

BlueHeaven

Episode yang ngasih lihat ke penonton kalau Akine bukan mental tempe. Ya, sebenarnya sudah jelas sih karakter Akine kayak gimana secara pertama kali intro. Ini hanya penegasan saja. Improve Akine di mata saya terlihat manusiawi. Ga langsung OP, tapi ada progress membaik. Episode minggu depan fokus ke temannya Akine yang pendiam. Ah, nearly forget about this: fan service di sini ga penting, tapi ga ganggu juga. Lumayan lah sekali lagi buat starter pack yang baru mau nonton anime musik tanpa peduliin musiknya.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 06

BlueHeaven

Raeliana memang lebih cocok main kucing-kucingan daripada masuk ke acara pesta kayak kemarin. Taylor di sini juga ngelawak. Episode yang for fun, lah. Sekalian debut untuk karakter cogan baru nomor 3. Timingnya bagus sih buat masukin karakter.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 08

BlueHeaven

Fix sih ini Yamada udah kepicut sama Ichikawa. Jembatan calon mertua dan menantu juga sudah terjalin. Semakin banyak pula ekspresi cetar membahana Yamada di episode ini. Ichikawa juga menang banyak.

Tengoku Daimakyou 08

Kaptain

Konfirmasi asal para mutan. Jadi kayaknya emang eksperimen imunisasi penyakitnya gagal. Mungkin ini ada yang protes soal sekte yang dibiarin aja ngambil alih. Tapi ngeliat ini ada satu telur yang terisisa ya antara siklus bakal terjadi lagi atau penduduk barunya ini ga akan tahan lama ngeliat spesialisnya juga udah mati.

Besar kemungkinannya Mimihime dan Shiro di segmen Heaven tuh pasangan utama arc ini ngeliat preferensi dengan cahaya & mesin. Makanya wajar aja keputusan di akhir diambil.

Arknights (Global)

Kaczmarek

IS-3. Mumpung lagi deadweek, kita dikasih sajian sinetron oleh dua ilustrator kondang dari game satu ini. Mas Gilang ini sengaja banget nyari atensi dengan pesan-pesan berbahaya bagi fandom gossip Arknights wkwkwk. Kalo beneran, semoga bisa berlanjut ke pelaminan dan PLEASE UNDAH LOWLIGHT KE KONDANGANNYA!

Neural Cloud

Kaptain

Jadi pas dulu posisi campaign dituker ada yang bilang kalau Ascension tuh ngasih pertanyaan terus Burbank ngasih jawaban. Karena ini posisinya diganti ya jadinya Burbank ngasih important development (Eucharist did fucked up shit & cutoff incident disengaja) sementara Ascension ngasih detailnya (ngasih core corrupted sanctifier ke lab & sektor yang mulai sadar soal cutoff incident jadi gila).

Ujung-ujungnya ya nih event buat ngenalin Arcadia as a proper power base dan ga sekedar vigilante dolls group doang. Buat epilog juga masih ada timelock tapi sekarang ya orang-orang paling dah siap-siap buat ngeroll Clukay.

Star Rail

Kaptain

Ini pake Jing Yuan SU tinggal merem kalo Elation dah jalan. Ya gitu deh cara jualan unit limited, Meta buat ngasih metode biar ngegampangin kerjaan mingguan/harian. Ini event pertama emang simpel tapi untung ga boros waktu kayak Genshin.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Asanagi