[JOI Spotlight] One Member Away Edition

May 28, 2023 20:46
[JOI Spotlight] One Member Away Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk menutup bulan Mei ini. Mari kita lihat impresi staf Jurnal Otaku untuk berbagai seri minggu ini yang ada aja yang mandeg penayangannya.

Konosuba Bakuen 08

Kaptain

Ini alasan utama Axis ditolerir, mereka itu luar biasa efektif kalau berurusan dengan Demon dan Undead. Berkat Megumin juga ini pengaruh mereka jadi lebih gede dan tinggal butuh intervensi Aqua aja di S2 biar mereka cukup kaya untuk bikin cabang di wilayah lain. Baguslah ini arc kota ga panjang banget biar para penganut ga nyapekin liatnya.

Oshi no Ko 07

Kaptain

Update soal kasus Hana kimura sebagai inspirasi kasus ini. Kyoko Kimura selaku ibu dari almarhum sempat protes soal konten arc yang terinpirasi banget oleh kasus Terrace House, cuma ya para netizen pada nyerang dan komentar sosmed dia pun dihapus. Cuma pengingat aja kalau We live in hell, and in hell we lament.

Anyway, kalian bisa lihat sendiri kenapa Akane itu headliner nih seri setelah perkembangan ini. Dia ke Aqua tuh L ke Kira, cuma ya ga usah bikin karya fans buat ngeluapin persahabatan mereka.

BlueHeaven

Absolutely terrifying! Ga banyak gimmick, tapi closing episode ini lebih ngehajar dibanding episode-episode sebelumnya, bahkan untuk episode 1 personal untuk saya. Akane dari deepest part of her life langsung rising up cepat dengan skill dan bakat yang tidak perlu diragukan lagi. Pantas saja, karakter ini menjadi salah satu pion terpenting dalam cerita.

My Home Hero 08

Kaczmarek

Kyouichi jadi maen-maenan Kasen kalo sampe gini terus. Banyak hal yang ditahan-tahan disini terutama soal email yang juga sebenernya bisa diungkap lebih cepat sama Kyouchi. Tapi Tetsuo ikut andil memperulur sekaligus nambahin kebohongan yang dia bikin.

Tensei Kizoku 08

Kaczmarek

A skippable episode yang jadi pembuka aja untuk masa sekolahnya Cain. Man Silvia is too doting to Cain, i wanna kill myself. Shiina Kazuya, siapakah dia? Orang Jepang juga?

BlueHeaven

Setelah 6 hari nonton episode ini, saya lupa sebagian besar ceritanya. Beda dengan episode sebelumnya yang walaupun pake turbo speed plot progression, masih ada yang kecantol. Also, openingnya tolong diganti. Itu Cain udah ngebocorin jati dirinya ke raja dan koleganya. Masih aja disebut naisho.

Dead Mount Death Play 07

Kaczmarek

Ten’a Sorimura kayaknya gak bakal jadi masalah buat Polka dan Misaki untuk kedepannya karena urusannya ke Tsubaki dan Kouzaburou. Layaknya karya Ryougo Narita lainnya, ini masalah baru menyatu sama lain dari berbagai penjuru. Baru ada tiga pihak yang dibuka POV-nya. Masih ada lagi satu yang mungkin bakal dikasih porsi yaitu Lemmings. Ngomong-ngomong itu Sayo dateng ke kantor Polka dkk buat apaan dah?

Megami no Cafe Terrace 08

Kaczmarek

Bitches in the beach. Kalau saya pake tagline ini secara publik, pasti udah kena crucified dari berbagai penjuru. Should be Beauty in the beach. Gak perlu nunjuk mana yang cakep dengan seragam barunya. Tentu saja Shiragiku dan Akane. Tapi ini episode jadi interlude untuk masalah Riho di kemudian hari. Tipikal cewek yang bakal ngelakuin apapun demi meraih tujuannya. Tujuan apa? Udah bisa nebak sendiri kan?

Kaptain

Laptop sama smartphone balik, jadi kayaknnya emang digaransi.

Isekai Shoukan no Nidome desu 08

Kaczmarek

Resmi nge-drop seri ini dari spotlight. Idk, mood compass gue ancur ngeliat setengah episode. Semoga cuma capek ngeliat generik kayak gini, bukan karena bensin lain.

Otonari ni Ginga 08

Kaczmarek

Akhirnya mereka cipokan dengan indah. Masaknya cukup lama sih, 6 episode untuk dapet momen ini. Tapi karena ini momen natal, tentunya bakal jadi momen spesial yang terjadi. Momoka sama Masahiro juga dapet info baru soal hubungan Shiori dan Ichirou. Sementara rasa penasaran gue ditaruh di kotak milik Chihiro. Semoga bisa dibuka itu isinya apaan wkwk.

Iseleve 08

BlueHeaven

Bisa-bisanya ada yang bilang kalau anime semenarik ini mending dibuang saja dari spotlight. Nikmat mana lagi yang dapat kau dustakan? Tenjou Yuuya itu lord segala chuuni dan cringe fanboy, masih konsisten dengan delusi tingkat tinggi yang pastinya tidak bisa ditaksir oleh nurul dan fikri. Hmph, beruang? Duh, levelnya dah jauh kali ya. Bisa gaet Bu Guru dengan modal body aduhai, asik euy! Salah satu calon anggota harem juga ada yang tersesat. Ayo, bawa ke rumah untuk dicecar ceramah no jutsu!

Ao no Orchestra 07

BlueHeaven

What a nasty girl. Ketimbang disebut pengecut, ini temannya Akine yang saya masih belum bisa ingat namanya lebih ke arah wanita yang cukup jahat. Kenapa saya bilang gitu? Soalnya dia itu egois. Karena keegoisannya, dia kabur. Karena keegoisannya, Akine dibully. Karena keegoisannya Aono jadi kena mental dan balik jadi newbie level. Bukan Akine yang bikin Aono jatuh, justru malah dia. Dikasih kesempatan bangkit selalu ditolak, padahal sadar diri. Dia sendiri juga yang ngomong kalau dia itu bad girl. Sepertinya minggu depan bakal jadi adegan bom waktu yang siap meletus.

Kanojo ga Koushaku-tei ni Itta Riyuu 07

BlueHeaven

Press F for Ashley. Sudah gagal menjaga Raeliana waktu di pesta, sekarang malah jadi yang pulang duluan dengan tangan kosong. Padahal gayanya saya suka si Ashley ini. Cuma nasibnya sudah diset jadi tumbal plot, bad lucknya Raeliana yang asli kemungkinan malah jatuh ke dia. Masih belum diperlihatkan lebih jauh heroine sejati yang harusnya ada di cerita ini. Malah dikasih lihat kombinasi trio kwek kwek pembully khas cerita Cinderella.

Mashle 07

BlueHeaven

Mash keren asli buat di episode ini. Otaknya sedikit maju dibanding sebelum-sebelumnya. Bisa-bisanya dia sempat ganti koin dengan kancing baju. Cukup menarik sih, untuk pertama kali diberikan satu karakter yang sepertinya bisa menjadi lawan yang agak sepadan dengan Mash.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu 09

BlueHeaven

Makin cinta dengan anime ini. Cara berpikir Ichi (mulai sekarang panggilan MC diganti sesuai username LINE-nya) yang berkembang sepanjang episode menjadi dopamin bagi penonton yang memang mencari hal-hal seperti ini dalam anime ini. Ichi itu pintar, tapi terlalu perhitungan sampai hal yang simpel dia lupakan. Untungnya langsung baikan.

Yamada juga IQnya membaik. Bisa-bisanya dia ngide buat rencana christmas eve date. Wadaw, melihat Yamada dengan baju model dan seifuku saja sudah membuat getaran jantung menjadi tidak karuan, bagaimana saat date nanti? ASDFGHJKL;’

Yamada-kun to Lv999 no Koi wo Suru 09

BlueHeaven

Cewek megane yang muncul di festival sekolah malah jadi aktor pemicu di arc ini. Saya kira kasir minimarket yang naksir Yamada itu bakal ada lagi kisahnya, eh malah ibu-ibu yang jadi pair kerjanya Akane. Secara jelas kita sudah diberi kode kalau ketua kelas yang baru join guild itu naksir sama Yamada. Masalahnya, Akane dan Yamada ini udah 99% goal. Tinggal ada tindakan aja yang kurang buat mereka bisa jadi. Tololnya, anime ini gak ngasih lampu ijo, malah lampu kuning ditahan terus entah sampai kapan.

Kubo-san wa Mob Yurusanai 07-08

BlueHeaven

Selamat datang kembali, gulali nomor sekian! Tolong jangan tambah lagi kapal yang yang harus berlabuh dari anime ini. Cukup Nagisa dan Junta, ga perlu adeknya segala woi! Saya datang untuk menikmati kisah cinta anak sekolahan, tapi bukan yang masih TK dan SD!

Kuma Kuma Kuma Bear Punch 06-08

BlueHeaven

Anime ini baru saya marathonin sampai episode terbaru, jadi baru bisa komentar sekarang. Bagian menarik muncul lagi setelah kita dihujanin slice of life manis dan ringan. Bisa-bisanya itu God muncul lagi dengan pesannya. Jarak dari terakhir kali dia muncul itu lama banget. Bukan deus ex machina sih, tapi forgotten relic of plot. Berkatnya, jadi ada lagi goal yang harus dicapai dalam petualangan Yuna. Ga bakal habis kalau ada trigger beginian mah. Cuma yah itu, kita sudah lama dininabobokan sama plot yang “finished” dari anime ini. Kesannya buat majuin plot itu kayak ngulur-ngulur, tanpa ada goal yang pasti. At least, masih bisa enjoy dengan manisnya interaksi karakter dalam anime ini.

Birdie Wing 21

Kaptain

Andai seri ini dapet S2, tuh anak bakal jadi tipe protagonis yang keinspirasi tembakan Eve. Eve emang berhasil dapet season upgrade dia via ngegabungin ajaran kedua perguruan, tapi saya lebih percaya kalau di menangnya karena Vipere selaku Ramba Ral nih seri dateng buat nonton. Udah, sewa aja tuh orang buat komentator. Pesimis saya ada satu pun penonton seri ini yang pengen lebih sedikit Vipere.

Witch from Mercury 19

Kaptain

Oh wow kaget, Prospera ga nepatin janjinya ke si menantu. Di sisi info baru, insiden Dawn of Fold dulu diakibatin bukan karena ada kebocoran, tapi emang konsekuensi dari aksi polisi dan organisasi apes aja ketangkep. Ini juga MS pengganti Aerial dah disiapin.

Singkatnya, Shaddiq yang ngarep konflik tetep dingin kehilangan banyak MS berharga + Guel dapet fokus via nyari barang bukti soal kejahatan dia, jadi ini ngebuat posisi dia lebih lemah. Miorine yang dipaksa buat tanggung jawab soal insiden ini dapet lebih banyak backing dari Spacian yang tentunya ga da niat buat kompromi sama bumi.

Ini Secelia emang adanya buat ngasih komentar sama fanservice aja ya. Ga komplain saya, ini jabatan yang bikin nih karakter tahan lama.

Tengoku Daimakyou 09

Kaptain

Asura itu karakter yang paling saya takutkan versi monsternya kayak gimana, dan ini ngekonfirmasi kalau apapun yang tersisa darinya sekarang ada di sistem di fasilitas yang udah dikonfirmasi punya Takahara. Tokio fix hamil dan besar kemungkinannya Maru itu keturunan dia via semua info yang kita dapet, terutama di fakta kalau ini di masa lalu

Si pemulung emang nipu, tapi cerita dia punya basis di realita ngeliat Takahara emang ngelakuin eksperimen mutan dan dapet sponsor internasional. Jadi sejarah aslinya emang kayaknya kombinasi dari ketiga cerita dia.

Arknights (Global)

Kaczmarek

Udah lama gak dapet operator dari BANNER-nya langsung. Yep gue sukses membawa pulang Texas Omertosa (2x), Penance (1x), dan bintang lain yang gue lupa siapa. Event yang lore-nya jujur lebih kayak pembuka awal dari Siracusano daripada jadi standalone. Kayak Guiding Ahead, ada harapan bakal ada sekuel dari lore ini.

Endwalker

Kaptain

Crafted gear nih tier bagus. Urusan nih patch ya tinggal nunggu sanctuary naik aja dan nunggu update BLU + Relic. Walopun raidnya emang asik dan OST-nya seperti biasa kompeten banget, kerasa nih fokus developernya lebih berat ke FF XVI yang belom juga ngasih tanggal demo.

Blue Archive

Kaptain

Karena ada yang komplain JOI suka pake BA buat header tapi ga diomongin, yuk kita omongin sekarang. Rio yang jadi Nagisa nih arc ga serapi ETO kemarin, cuma ya tetep aja efektif secara emosional dan ngejual dia sebagai antagonis. Ini juga poin berentinya ngeselin banget. Di banenr juga ga ada yang bener-bener menarik sampe NY Fuuka nanti

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: uu_youyu